5 Syarat Wajib Mengajukan KPR BRI Pemula

Mengajukan KPR BRI  – Kredit Perumahan Rakyat (KPR) atau yang dikenal juga sebagai kredit kepemilikan rumah menjadi salah satu jalan untuk anda yang membutuhkan bantuan pembelian rumah. Membeli rumah semakin hari memang semakin sulit untuk diwujudkan. Harga tanah yang semakin tinggi dan keberadaan tanah yang dijual pun semakin menipis.

Belum lagi tidak ada biaya untuk membangun jika hanya membeli tanah kosong, membuat KPR menjadi pilihan yang paling baik bagi para masyarakat yang membutuhkannya.

Mengajukan KPR berarti mengajukan permohonan kepada bank untuk membeli rumah tertentu dan anda dapat membayarnya dengan cara diangsur. Persyaratan dalam mengajukan KPR ini berbeda-beda bergantung di bank mana anda mengajukannya. Jika anda mengajukannya di Bank Rakyat Indonesia (BRI), ketahui bahwa ada 5 syarat wajib mengajukan  KPR BRI yang perlu anda persiapkan.

Advertisements

Agar bisa mempersiapkannya dengan baik, cobalah simak penjelasan berikut ini terkait apa saja kelima syarat tersebut. Semoga dapat membantu anda dengan maksimal dalam pengajuan KPR di BRI. Baca UPDATE Tabel Pinjaman Bank Mandiri Plus Syarat Pengajuan

5 Syarat Wajib Mengajukan KPR BRI yang Perlu Anda Siapkan

Sesuai dengan namanya, KPR BRI adalah program pinjaman dari bank BRI untuk pembelian rumah yang akan anda bayar dengan angsuran per bulan. Kelebihan dari KPR BRI ini adalah bunganya yang sangat rendah. Disebut-sebut bunga dari KPR bank BRI adalah 6% per tahun atau hanya 0,5% per bulan.

Bunga yang sangat rendah ini tentu ingin dinikmati oleh semua nasabah. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyiapkan beberapa syarat wajib di bawah ini yang harus anda gunakan untuk mengajukan KPR di bank BRI. Selamat mempelajarinya!

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) Berusia Minimal 21 Tahun

Seorang pemohon KPR BRI haruslah WNI dan berusia minimal 21 tahun. Persyaratan ini bisa dibuktikan dengan Kartu Tanpa Penduduk (KTP). Itulah mengapa syarat wajib yang utama dapat dibuktikan dengan melampirkan fotokopi dari KTP anda. Namun untuk anda yang sudah menikah, usia anda bisa mulai dari 18 tahun dengan syarat melampirkan juga Surat Nikah tersebut.

Advertisements
  1. Memiliki Slip Gaji atau Surat Keterangan Usaha

KPR yang anda akan ajukan harus dapat anda bayarkan cicilannya per bulan tanpa terlewat sekalipun. Hal ini menyebabkan ada satu syarat wajib bagi seluruh pemohon KPR BRI adalah memiliki slip gaji. Baca Proses Pencairan Uang di Bank Mandiri Paling Lama Berapa Hari

Slip gaji ini adalah bukti bahwa anda bekerja dan memiliki gaji tetap untuk membayar cicilan KPR. Bagi anda yang tidak bekerja namun memiliki penghasilan tetap, maka lampirkanlah syarat Surat Keterangan Usaha dengan mencantumkan rata-rata penghasilan per bulannya.

  1. Memiliki Rekening BRI

Mengajukan KPR BRI juga diketahui hanya boleh dilakukan oleh nasabah bank BRI ini. Oleh sebab itu, syarat wajib lainnya yang harus anda penuhi adalah miliki rekening BRI dan lampirkan fotokopi buku tabungan anda.

Bagi anda yang bukan merupakan nasabah bank BRI dapat melakukan pembuatan rekening bersamaan dengan proses pengajuan KPR BRI dilakukan.

  1. Mengisi Formulir Pengajuan KPR BRI

Syarat wajib mengajukan KPR BRI lainnya adalah kebutuhan informasi dalam formulir pengajuan KPR yang disediakan oleh pihak bank. Itulah mengapa untuk mengajukan KPR, maka pemohon harus datang sendiri ke bank dan mengisi formulir ini selengkap mungkin. Formulir ini yang akan digunakan untuk menilai apakah permohonan KPR anda disetujui atau tidak oleh pihak bank.

  1. Membayar DP Sebesar 10% dari Harga Total Rumah

Terakhir, anda sebagai pemohon atau pengaju KPR BRI wajib membayar DP (down payment). Bank BRI sendiri menerapkan bahwa minimal DP yang harus dibayarkan pemohon adalah 10% dari harga total rumah yang akan diajukan permohonan KPR. Jadi pastikan untuk menyiapkan sejumlah uang tersebut guna mendapatkan persetujuan KPR dari bank BRI dan memiliki rumah idaman anda.

Jadi itulah tadi 5 syarat wajib mengajukan KPR BRI yang harus anda penuhi sebelumnya. Pastikan untuk menyiapkan semua syarat yang diperlukan untuk memenuhinya. Jangan sampai pengajuan KPR anda ditolak oleh pihak bank hanya karena anda tidak melengkapinya dengan teliti, bukan karena anda tidak memiliki persyaratannya. Baca Pinjaman KUR BRI yang Kedua Kalinya Berapa Lama Sampai Proses Pencairan

Informasi yang diberikan di atas diharapkan dapat membantu anda menyiapkan persyaratan KPR BRI dari jauh-jauh hari. Jadi jangan tunggu lama lagi segera persiapkan persyaratan anda!

error: