3 Cara Memperpanjang Masa Gadai di Pegadaian

Di Pegadaian, nasabah yang melakukan kredit wajib mengembalikan uang pinjaman pada tanggal jatuh tempo. Jika nasabah tidak melunasi pinjaman, maka barang gadai akan dilelang. Sebelum dilelang, biasanya nasabah diberi masa tenggang selama 14 hingga 20 hari.

Daripada kehilangan barang akibat dilelang, akan lebih baik apabila memperpanjang masa gadai. Cara memperpanjang masa gadai sangatlah mudah. Yakni dengan membayar biaya sewa modal atau membayar sebagian pinjaman.

Sewa modal merupakan biaya yang dikenakan tiap 15 hari (untuk pinjaman konvensional) atau 10 hari (untuk syariah) atas jasa pinjaman yang diberikan oleh Pegadaian. Sementara contoh memperpanjang masa gadai dengan membayar sebagian pinjaman adalah, jika pinjaman anda adalah Rp 5 juta, maka untuk memperpanjang masa pinjaman, anda dapat mengangsur Rp 1 juta.

Advertisements

Dengan begitu masa pinjaman otomatis akan diperpanjang. Masa pinjaman di Pegadaian adalah 4 bulan. Jangka waktu tersebut tergolong pendek, maka dari itu sangat penting untuk mengetahui cara memperpanjang masa gadai. Baca Harga Penaksiran Laptop Gadai Di Pegadaian

Hal lain yang perlu diperhatikan nasabah adalah waktu jatuh tempo. Jika tanggal jatuh tempo adalah pada hari libur, dan nasabah membayar pinjaman pada hari esoknya, maka nasabah akan dikenakan biaya denda. Ini karena hari libur dimasukkan sebagai perhitungan hari pinjaman. Jadi, nasabah harus teliti melihat jatuh tempo pinjamannya. Jika jatuh tempo adalah pada hari libur, maka nasabah harus siap membayar pinjaman sebelum jatuh tempo itu.

Info penting yang perlu diketahui, memperpanjang masa gadai dapat dilakukan melalui 2 cara. Yakni memperpanjang lewat outlet Pegadaian atau melalui aplikasi Pegadaian Digital Service. Dengan adanya aplikasi ini, tentu nasabah tidak perlu repot mendatangi kantor cabang Pegadaian.

Tentang Kredit di Pegadaian

Kredit di Pegadaian disebut dengan KCA (Kredit Cepat dan Aman). KCA adalah pinjaman dengan sistem gadai yang dapat digunakan untuk keperluan konsumtif maupun produktif. Barang yang dapat digadaikan di KCA ini antara lain perhiasan emas, mobil, emas batangan, laptop, sepeda motor, handphone, serta barang elektronik lainnya.

Advertisements

Selain itu, Pegadaian juga menerima dinar sebagai barang jaminan, itu karena dinar terbuat dari emas. Perlu diketahui bahwa barang yang tidak bisa digadaikan adalah barang yang belum lunas pembeliannya alias sedang kredit. Jadi barang gadai harus 100% milik nasabah sendiri. Baca Resiko Jika Barang Anda Tidak Ditebus di Pegadaian

Jangka waktu pinjaman KCA ini adalah 4 bulan. Jika nasabah ingin memperpanjang masa pinjaman, maka dapat membayar sewa modal atau membayar angsuran sebagian uang yang dipinjam. Jumlah pinjaman yang dapat diperoleh di KCA adalah mulai Rp.50.000 hingga Rp 500 juta. Di KCA, diterapkan sistem sewa gadai dengan besar 0,75% tiap 15 hari.

Sebelumnya diketahui bahwa ketika nasabah tidak menebus barang gadaian, maka barang tersebut akan dilelang oleh pihak Pegadaian. Sebelum dilakukan pelelangan, pihak Pegadaian akan mengabari nasabah melalui papan pengumuman kantor, telepo, sms ataupun surat.

Pegadaian biasa melakukan pelelangan di kantor cabang. Pegadaian juga membuat jadwal tiap hendak dilaksanakan pelelangan. Jadwal pelelangan barang gadai dapat dilihat di kantor cabang.

Persyaratan Meminjam di Pegadaian

Persyaratan meminjam di Pegadaian sangatlah mudah, yakni :

  1. Fotokopi KTP, SIM atau kartu identitas resmi lain
  2. Menyerahkan barang gadai
  3. Jika kendaraan yang digadai merupakan sepeda motor, maka wajid membawa BPKB serta STNK asli
  4. Nasabah pemohon harus menandatangani Surat Bukti Kredit

Kelebihan KCA di Pegadaian

            Berikut adalah kelebihan KCA yang dapat menjadi pertimbangan untuk meminjam uang di Pegadaian :

Baca Kenali Dan Pahami Sistem Jatuh Tempo Pegadaian

  1. Persyaratannya mudah sehingga kredit ini dapat diakses oleh banyak lapisan masyarakat
  2. Nasabah tidak memerlukan rekening bank untuk mendapat kredit ini
  3. Pinjaman diperoleh oleh nasabah dalam bentuk uang tunai
  4. Nominal pinjamannya luas, yakni mulai Rp.50.000 – Rp 500 juta
  5. Prosedur pinjamannya mudah dan cepat
  6. Jangka waktu peminjamannya dapat diperpanjang
  7. Biaya sewa modalnya cukup rendah
  8. Pelunasannya dapat dilakukan kapanpun dan apabila dipercepat tidak dikenai denda
  9. Pegadaian memiliki aplikasi Pegadaian Digital yang membantu proses kredit sehingga fleksibel dan mobilitasnya tinggi
Advertisements
error: