Telat Bayar Cicilan Mobil Oto 2018, Apakah Denda Satu Bulan Angsuran?

Telat Bayar Cicilan Mobil Oto – Mengajukan cicilan mobil tentu menjadi hal yang menggiurkan bagi sebagian orang.

Bagaimana tidak? Mobil dapat dibeli dengan cara diangsur dalam jangka waktu tertentu. Namun, hal ini tak semudah seperti yang didengar karena tak sedikit debitur yang kesulitan dalam melunasi cicilan mobil.

Banyak juga yang bertanya jika telat bayar cicilan mobil oto, apakah denda satu bulan angsuran? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Advertisements

Mengulas tentang pertanyaan jika telat bayar cicilan mobil oto, apakah denda satu bulan angsuran? Berarti juga harus mengetahui bagaimana cara menghitung denda keterlambatan pembayaran cicilan.

Telat Bayar Cicilan Mobil Oto, Apakah Denda Satu Bulan Angsuran?

Biasanya perusahaan leasing atau bank menerapkan kebijakan masing-masing dengan jumlah denda yang cukup besar agar konsumen berpikir ulang saat dirinya telah mengangsur cicilan mobilnya tersebut. Baca Pinjaman FIF Tanpa Jaminan?

  • Besaran Denda

Besaran denda keterlambatan pembayaran cicilan pun beragam mulai dari 0,2% hingga 0,5% tergantung kesepakatan yang berlaku pada saat pengajuan cicilan mobil.

Meskipun pada awalnya jumlah ini relatif kecil, namun apabila konsumen selalu telat membayar cicilan, bukan hal yang tak mungkin apabila besaran denda akan ditambah.

Advertisements

Rumus menghitung keterlambatan denda adalah (bunga denda : 100) x jumlah angsuran perbulan. Contohnya apabila angsuran perbulan adalah 10.000.000 maka, jumlah dendanya adalah sebagai berikut: (0,5% : 100) x 10.000.000 = 500.000 sehingga total denda plus angsuran adalah sebesar 10.500.000. Baca Gadai BPKB Motor Tanpa Survey

  1. Besaran Denda Harian

Beberapa perusahaan leasing atau bank sebagian besar menerapkan denda keterlambatan harian. Dengan kata lain, semakin lama Anda telat bayar, maka akan semakin banyak pula denda yang harus ditanggung.

Hal ini tentu bertujuan agar debitur atau konsumen tidak telat sedikitpun saat membayar cicilan mobil. Cara menghitungnya pun sama dengan besaran denda bulanan, namun biasanya bunga denda yang diberikan relatif kecil.

Misalnya untuk jasa cicilan mobil yang mengenakan denda harian sebesar 0,2%, perhari dengan jumlah angsuran yang harus dibayar adalah 10.000.000, dan Anda telah membayar selama 1 minggu (7 hari) maka rumusnya (bunga denda : 100) x jumlah angsuran x jumlah hari keterlambatan.

Maka jumlahnya adalah (0,2 : 100) x 10.000.000 x 7 = 140.000 sehingga total biaya angsuran plus denda adalah sebesar 10.140.000.

Itulah rumus dan aturan yang kini diterapkan oleh perusahaan leasing atau bank. Dengan demikian, maka diharapkan agar para konsumen tak telat membayar satu hari pun.

Sedangkan untuk permasalahan apakah jika telat bayar cicilan mobil oto, apakah denda satu bulan angsuran? Baca Penalti Pelunasan Kredit Mandiri

Hal ini sudah tak diterapkan lagi mengingat resiko yang harus ditanggung oleh debitur atau konsumen akan besar, yang tentu akan mempengaruhi minat untuk membeli mobil dengan cicilan. Demikian ulasan tentang masalah denda kredit mobil.

Advertisements
error: