Perhitungan Gadai Emas di Pegadaian Konvensional 2017 Tempo dan Bunganya

Artikel kali ini akan membahas tentang perhitungan gadai emas di Pegadaian konvensional. Di era modern saat ini, banyak cara untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Selain bekerja rutin sebagai karyawan maupun wiraswasta, tak sedikit di antara mereka juga harus bekerja di luar jam kerja ataupun mencari usaha sampingan.

Untuk mengantisipasi hal seperti itu, banyak orang berupaya menyisihkan sebagian pendapatannya dalam bentuk simpanan, baik tabungan, deposito, emas, dan investasi lainnya.

Advertisements

Singkatnya dalam mengantisipasi adanya kebutuhan darurat maka mereka telah menyiapkan simpanan yang dapat dipergunakan sewaktu-waktu.

Perhitungan Gadai Emas di Pegadaian Konvensional Tempo dan Bunganya

Emas diyakini oleh banyak orang mampu menjaga investasi Anda dari resiko inflasi dan mudah dicairkan saat kondisi darurat sehingga semakin banyak orang yang memanfaatkan jenis investasi ini. Baca Syarat Gadai BPKB Motor di Adira

Untuk Anda yang mempunyai simpanan dalam bentuk emas, baik perhiasan ataupun emas batangan, sebaiknya Anda terus mengikuti artikel ini mengenai proses gadai emas di Pegadaian.

Berikut beberapa ketentuan dalam proses gadai emas di Pegadaian:

  • Ketahui syarat-syaratnya, memperlancar prosesnya

Seperti lembaga keuangan lainnya, Pegadaian membutuhkan syarat formal yaitu identitas berupa KTP, lalu emas yang akan digadaikan oleh Anda beserta surat-surat kelengkapan fisiknya.

Perlu diketahui, Pegadaian sebagai lembaga formal tentunya membutuhkan surat-surat keterangan dari fisik emas yang akan digadaikan.

Advertisements
  • Cermati biaya gadainya, hindari yang tak diperlukan

Pegadaian menerapkan sistem gadai dengan biaya flat pada 15 hari pertama masa gadai. Dengan kata lain, jumlah yang harus dibayarkan sejak hari pertama proses gadai sampai hari ke-15 dikenai biaya yang sama. Namun bila pembayaran biaya gadai melewati masa itu maka biaya gadai nantinya bertambah. Baca Kisaran Harga Gadai Laptop Acer

  • Hindari melewati tenggat masa gadai

Mengenai perhitungan gadai emas, Pegadaian menerapkan sistem masa gadai empat bulan, atau Anda dapat memperpanjang masa gadai emas setiap empat bulan sekali.

  • Biaya administrasi yang menyesuaikan besarnya pinjam gadai

Biaya administrasi bervariasi dari Rp15.000,- hingga Rp40.000,- menyesuaikan besarnya nilai pinjam gadai.

  • Pahami perbedaan nilai taksir dan nilai gadai

Pegadaian menetapkan nilai taksir pinjaman sebesar 85% dari nilai harga emas Anda. Sebagai contoh, bila emas Anda ditaksir dengan nilai sebesar Rp2.500.000,- maka jumlah maksimal yang dapat Anda ajukan pada Pegadaian adalah sebesar Rp2.125.000,-

  • Ketahui biaya titip gadainya, pahami biaya pelunasannya

Untuk biaya titip gadai di Pegadaian, sistem yang digunakan adalah Taksiran/Biaya Administrasi x 120. Angka 120 merupakan angka yang digunakan untuk taksiran yang ada di Pegadaian Konvensional.

Sebagai contoh, Rp2.500.000,- : Rp15.000,- x 120 = Rp20.000,-/15 hari.

Sehingga bila Anda ingin menggadaikan emas hingga memperoleh pinjaman maksimal (masa gadai 15 hari) maka: Baca dulu Bunga Pegadaian Emas Berapa Persen

Rp15.000 + Rp2.125.000 + (2xRp20.000) = Rp2.180.000,-

Itu tadi pembahasan mengenai perhitungan gadai emas di Pegadaian konvensional, semoga bermanfaat.

Advertisements