Pelunasan Kredit Mobil Sebelum Waktunya 2018,Untung Ruginya?

Pelunasan Kredit Mobil Sebelum Waktunya – Pembayaran kredit atau angsuran banyak digemari saat ini.

Ibaratnya Anda mendapatkan dukungan pembiayaan untuk membeli barang idaman apapun yang akan “diganti” berikutnya dengan cicilan berkala pada pihak bank atau kreditur.

Anda bahkan bisa memiliki mobil yang harga penuhnya sangat mahal berkat pengajuan kredit. Bila suatu waktu dalam masa pembayaran ini ada keputusan untuk melunasi seluruh sisa tagihan.

Advertisements

Ada baiknya Anda membaca wacana pelunasan kredit mobil sebelum waktunya, untung ruginya?

Sudah berapa lama angsuran mobil Anda berjalan? Setengahnya atau mungkin hampir selesai? Dalam masa pelunasan ini, pasti sempat terpikir bagi Anda sebagai nasabah kredit untuk menyelesaikan tenor walaupun tanggal jatuh tempo selesai cicilan masih jauh.

Hal ini biasanya didasari oleh sudah cukupnya dana untuk menyelesaikan sisa cicilan dan keinginan untuk lepas dari tagihan bulanan bank. Kalau begitu, pelunasan kredit mobil sebelum waktunya, untung ruginya?

Pelunasan Kredit Mobil Sebelum Waktunya, Untung Ruginya?

Pelunasan kredit mobil lebih cepat dianggap lebih menguntungkan karena itu berarti Anda “menyetop” biaya cicilan di bulan-bulan mendatang dengan menyelesaikannya saat itu juga. Baca Tidak Bisa Bayar Cicilan Mobil,Apakah Mobil Melayang

Bagi nasabah yang tergolong konsumtif mungkin akan sangat terbantu dengan melakukan pelunasan dipercepat.

Bayangkan jika tagihan kredit mobil datang dibarengi dengan tagihan kredit belanja, makan, jalan-jalan dan lain-lain, ditambah dengan bunga tiap-tiap transaksi.

Bisa-bisa uang yang semula disimpan untuk melunasi cicilan mobil malah cepat habis untuk kredit atau kebutuhan lain. Jika pihak bank atau kreditur dapat diajak negosiasi terkait penurunan bunga untuk pelunasan dipercepat, tentunya sisa total cicilan menjadi berkurang dari total cicilan semula.

Advertisements

Namun negosiasi tidak akan segampang yang dikira, karena biasanya bank mengutamakan pelunasan uang didiskon pada nasabah yang sudah melewatkan pembayaran kartu kredit selama tiga bulan terakhir agar tidak kehilangan nasabah tersebut.

Ada juga bank yang menetapkan kebijakan pelunasan dipercepat dihitung dengan pertambahan bunga tiap cicilan per bulan yang tersisa. Baca Telat Bayar Cicilan Mobil Oto

Katakanlah jika sisa cicilan Anda adalah dalam tiga bulan dengan total 20 juta ditambah dengan bunga 2% per bulannya, maka bunga tersebut akan dihitung tiga kali dalam perhitungan pelunasan dipercepat.

Hal ini bisa jadi merugikan bagi nasabah yang berharap perhitungan bunga tidak dihitung seluruhnya seperti itu. Kalau sudah begini, lebih baik tetap membayar cicilan per bulan sampai selesai tanpa mempercepat penyelesaiannya, bukan?

Namun kerugian ini sifatnya subjektif. Malah, pelunasan dipercepat menawarkan lebih banyak keuntungan walaupun resikonya adalah dengan dikenakan biaya penalti yang biasanya merupakan berapa persen dari sisa cicilan Anda.

Biaya administrasi pelunasan dipercepat dan bunga cicilan. Tetapi besarnya biaya untuk ini bisa jadi lebih kecil dari total cicilan yang akan Anda selesaikan nantinya.

Kira-kira begitulah tentang pelunasan kredit mobil sebelum waktunya, untung ruginya? Pelunasan dipercepat sebaiknya benar-benar dilakukan jika Anda sudah yakin dan memiliki uang cukup untuk menyelesaikan angsuran. baca Menghitung Pelunasan Kredit Mobil Adira

Bacalah baik-baik tentang ketentuan pelunasan di surat kontrak perjanjian kredit dan tanyakan jika ada yang tidak dimengerti.

Advertisements
error: