Mengatasi Kerugian Investasi Emas Perhiasan 2018,Berikut Kalkulasinya

Mengatasi Kerugian Investasi Emas – Investasi dalam bentuk apapun, pastilah memiliki beberapa kemungkinan untuk mengalami kerugian, termasuk emas.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba untuk mengatasi kerugian investasi emas perhiasan, berikut kalkulasinya.

Kerugian saat berinvestasi sudah pasti disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesalahan waktu berinvestasi, dan lain-lain.

Advertisements

Investasi logam mulia berupa emas perhiasan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk masyarakat awam. Menggunakan emas perhiasan sebagai investasi juga telah dimulai sejak dulu.

Anda bisa melakukan pembelian emas perhiasan dimanapun dan kapanpun tanpa perlu terlalu kerepotan.

Mengatasi Kerugian Investasi Emas Perhiasan,Berikut Kalkulasinya

Pada umumnya, emas perhiasan bisa dijual dengan harga tinggi karena harga tiap gramnya juga termasuk biaya pembuatan perhiasan tersebut.Baca Emas Antam vs Emas Pegadaian Murah Mana

Dengan demikian, saat Anda menjualnya lagi maka harganya akan terpotong biaya pembuatan tersebut yang mana jumlahnya beragam. Perhiasan dengan bentuk semakin rumit, maka biayanya juga akan tinggi.

Apabila Anda sudah memutuskan utnuk berinvestasi emas perhiasan, Anda perlu mengetahui kekurangan dan kelebihannya.

Untuk kekurangannya sendiri adalah biaya pembuatan perhiasan yang terbilang mahal. Untuk kelebihannya, emas perhiasan cukup fleksibel atau mudah dibawa keman-mana.

Selain itu, ia bisa dipakai sebagai perhiasan Anda sendiri. Berikut adalah beberapa cara mengetasi kerugian investasi emas perhiasan, berikut kalkulasinya.

  • Jangan membeli emas perhiasan tanpa fisik

Cara yang pertama adalah Anda sebaiknya tidak membeli emas perhiasan tanpa fisik. Akan tetapi, apabila Anda sudah terlanjur melakukannya, pastikan bahwa pihak penyimpan emas merupakan orang yang bisa benar-benar dipercaya.

Advertisements
  • Memilih tempat penyimpanan dengan benar

Sebagai sebuah investasi jangka panjang, sudah sewajarnya emas perhiasan tersebut Anda perlakukan dan jaga baik-baik.Baca Keuntungan Beli Emas Di Pegadaian

Pilihlah tempat penyimpanan emas perhiasan dengan benar yang menurut Anda paling aman. Anda bisa menyimpannya di brankas di dalam rumah, menitipkannya ke bank, maupun menitipkannya di pegadaian agar lebih aman, efektif, dan bisa diambil kapan saja.

  • Tidak membeli emas perhiasan dalam ukuran yang besar

Jika dilihat dari segi harga, memang pembelian emas perhiasan berukuran besar dinilai jauh lebih menguntungkan daripada yang kecil.

Namun, untuk tujuan investasi, emas perhiasan yang bentuknya terlalu besar lebih sulit untuk dijual daripada emas yang kecil.

Harga perhiasan emas didasarkan pada kadar emas yang dihitung dengan satuan karat, serta beratnya. Standar untuk karat emas juga sudah ditentukan menurut Standar Nasional Indonesia atau SNI.

Untuk yang terendah 18 K adalah 75,40% -78,19%, sedangkan yang tertinggi 24 K adalah 99,00% -99,99%.

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka ketika Anda mempunyai emas perhiasan 18 K seberat 25 gram, itu berarti Anda mempunyai 18,75 gram melalui perhitungan 18 K / 24 K x 25 gram.

Berat 18,75 gram tersebut adalah berat dari kandungan emas murni pada perhiasan, sedangkan sisanya adalah campuran logam tembaga dan perak. Baca Trik Investasi Emas Di Pegadaian

Jika campuran logam lain pada perhiasan emas semakin sedikit, maka akan semakin tinggi pula karatnya. Rentang standar karat emas perhiasan adalah 18 K hingga 22 K. Itulah penjelasan mengenai mengetasi kerugian investasi emas perhiasan, berikut kalkulasinya yang perlu diketahui.

Advertisements
error: