Cara Menggadaikan Emas di Pegadaian Bagi Pemula 2018

Menggadaikan Emas di Pegadaian – Menggadaikan emas di pegadaian ternyata lebih menguntungkan daripada menggadaikan jenis barang berharga seperti barang elektronik atau kendaraan bermotor lainnya.

Hal ini dikarenakan harga emas lebih stabil dibandingkan harga barang berharga lainnya sehingga bisa memberikan nilai yang lebih tinggi dari nilai barang berharga lainnya.

Namun sebelum anda menggadaikan emas anda di pegadaian sebaiknya anda mengetahui beberapa hal sehubungan dengan cara menggadaikan logam mulia ini di pegadaian.

Advertisements

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara menggadaikan emas di tempat pegadaian.

Beberapa Ketentuan Tentang Cara Menggadaikan Emas di Pegadaian

Jenis emas yang bisa di gadaikan di pegadaian terdiri dari dua jenis yaitu jenis emas perhiasan dan jenis emas logam. baca Cara Jual Emas Antam di Toko

Harga yang ditentukan untuk setiap jenis emas pun berbeda seperti untuk jenis emas perhiasan akan dikenakan besar pinjaman sebesar 85% dari harga taksiran pegadaian.

Sedangkan untuk jenis emas logam akan dikenai besar pinjaman sekitar 90% dari harga taksiran pegadaian.

Hal tersebut dikarenakan emas perhiasan memiliki nilai jual yang lebih rendah dibandingkan nilai jual emas logam meskipun sebenarnya lebih banyak orang yang memiliki jenis emas perhiasan.

Berikut ini adalah beberapa ketentuan yang ada saat anda menggadaikan emas di pegadaian.

Advertisements
  • Syarat

Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi saat anda ingin menggadaikan emas anda di pegadaian yaitu identitas diri seperti KTP atau SIM. Pastikan anda membawa KTP atau SIM yang asli dan masih berlaku beserta salinannya. Baca Bisakah Pegadaian Mobil Tanpa BPKB

  • Masa penitipan

Adapun untuk masa penitipan emas yang akan digadaikan adalah sekitar 120 hari atau sekitar 4 bulan. Jika ternyata anda tidak bisa menebus emas yang anda gadaikan dalam jangka waktu 120 hari maka sebaiknya anda memperpanjang masa penitipan emas hingga 4 bulan ke depan.

  • Administrasi

Biasanya anda tidak akan dikenai biaya apapun selama anda melakukan proses gadai emas di pegadaian. Karena biaya administrasi hanya akan dibebankan pada saat anda membayar biaya penitipan dan angsuran yang dilakukan setiap 15 hari sekali atau sesuai kesepakatan.

Besar biaya penitipan pun disesuaikan dengan besar pinjaman yang dilakukan dengan jaminan emas anda.

Biaya gadai sendiri diberlakukan dengan nilai yang sama pada hari pertama hingga hari ke lima belas. Jika sudah melewati hari ke 15 maka biaya gadai emas pun akan bertambah sesuai dengan hitungan hari.

Meskipun begitu, jumlah pinjaman yang didapat dari menggadaikan emas memang jauh lebih besar ketimbang menggadaikan barang berharga lainnya. Baca Taksiran Harga HP di Pegadaian

Selain itu masyarakat merasa jauh lebih aman dan menguntungkan untuk menitipkan emas di pegadaian karena terjaga dengan baik serta bunga yang dibebankan pun tak terlalu besar. Demikian beberapa ketentuan dan persyaratan khususnya mengenai cara menggadaikan emas di pegadaian.

Advertisements
error: