Cara Mengambil Motor yang Ditarik Leasing 2018 Plus Kisaran Biaya

Mengambil Motor yang Ditarik Leasing – Anda termasuk salah satu pengguna kredit untuk membeli motor kesukaan? Kalau begitu, Anda tentu familiar dengan cara kerja kredit yang mengharuskan pembayaran angsuran setiap bulannya.

Tapi jika motor ini terpaksa harus dikembalikan pada perusahaan pembiayaan, apa yang menyebabkannya?

Dan bagaimana mengambil kembali motor tersebut? Hal-hal ini akan dibahas lebih rinci dalam cara mengambil motor yang ditarik leasing plus kisaran biaya.

Advertisements

Memang banyak yang mengakui bahwa membeli motor yang harganya belasan hingga puluhan juta dapat menjadi sangat murah dengan cicilan kredit.

Anda hanya perlu membayar uang muka yang hanya beberapa persen dari keseluruhan total motor dan berikutnya motor sudah berada di tangan.

Pemberlakuan kredit akan dimulai di bulan pertama Anda mengangsur hingga tanggal terakhir jatuh tempo. Seluruh kebijakan kredit akan tertulis di atas kontrak sehingga jika terjadi masalah, kedua belah pihak akan melihat kembali ke kontrak tersebut.

Cara Mengambil Motor yang Ditarik Leasing

Jika ada masalah terhadap proses kredit yang malah menjadikan motor Anda ditarik oleh kreditur, bagaimana cara mengambil motor yang ditarik leasing plus kisaran biaya-nya? Baca Denda Keterlambatan Oto Kredit

Biasanya pihak perusahaan pembiayaan mengirimkan notifikasi terlebih dahulu pada nasabah bahwa mereka belum membayar kewajiban kredit bulan ini.

Bila perusahaan benar-benar akan mengambil motor tersebut dari Anda, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kembali motor tersebut.

Advertisements

Cobalah untuk menanyakan surat asli perusahaan mengenai ditariknya kendaraan. Biasanya banyak debt collector yang menghampiri dengan mengatasnamakan perusahaan pembiayaan agar konsumen percaya.

Jika perlu, ajak debt collector ke kantor polisi bila dirasa mencurigakan. Sertifikat fiducia yang dulu didaftarkan juga akan sangat bermanfaat sekiranya ada yang menarik paksa motor Anda.

Ibaratnya, jika menjamin motor dengan sertifikat fidusia, maka motor tersebut tentu saja bukan milik pihak perusahaan pembiayaan.Baca Tahapan Pelunasan Kredit Motor

Selain itu, sertifikat fiducia ini dapat dipakai saat ingin menebus kembali motor dengan dendanya. Besarnya denda biasanya dihitung dari hari pertama keterlambatan membayar, dimana normalnya adalah 0,5% dari total angsuran.

Penagih kredit yang tepercaya tentunya datang ke rumah dengan dokumen yang lengkap seperti History Payment yang menunjukkan rincian kredit Anda.

Ada juga BAPK atau Berita Acara Penyerahan Kendaraan, sebuah surat asli yang mengesahkan penarikan motor dari perusahaan pembiayaan.

Lagi-lagi, jika motor Anda ditarik oleh debt collector yang mencurigakan, selalu tanyakan keberadaan dokumen-dokumen ini untuk mencegah terjadinya penipuan dan kejahatan.

Kira-kira secara umum begitulah cara mengambil motor yang ditarik leasing plus kisaran biaya yang dapat Anda jadikan referensi.

Tentunya kewajiban membayar kredit yang telah ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan harus ditaati untuk menghindari skenario ini terjadi pada Anda. Baca Proses Pelunasan Kredit Mobil Sebelum Jatuh

Yang terpenting, selalu siapkan dan tanyakan dokumen-dokumen penting di atas jika suatu saat motor harus ditarik pihak leasing.

Advertisements
error: