Cara Memperpanjang Masa Gadai di Pegadaian Secara Mudah 2017

Jika anda sedang menggadaikan barang dan belum mampu melunasi kewajiban terhadap pihak pegadaian, anda bisa mencoba untuk memperpanjang masa gadai barang anda tersebut.

Mungkin anda penasaran bagaimana cara memperpanjang masa gadai di pegadaian. Dengan memperpanjang masa gadai tentu barang jaminan anda akan tetap aman dan tidak akan dilelang.

Tapi ada beberapa hal yang harus anda penuhi sebelum memperpanjang masa gadai. Selain barang anda tidak akan hangus dan masuk pelelangan.

Advertisements

Anda juga bisa meneruskan untuk melunasi kewajiban anda baik itu secara dicicil maupun secara tunai, namun dengan tetap memperhatikan tanggal jatuh tempo setelah proses memperpanjang masa gadai barang jaminan anda tersebut.

Pada saat proses gadai tentunya kedua belah pihak, baik itu pihak pemberi gadai dan penerima gadai sudah mengikuti syarat dan ketentuan. Pemberi gadai atau nasabah harus mentaati perjanjian mengenai tanggal jatuh tempo yaitu selama 4 bulan atau 120 hari. Baca Barang Tidak Ditebus di Pegadaian Bagaimana

Cara Memperpanjang Masa Gadai di Pegadaian Secara Mudah

Jika nasabah tidak bisa melunasi pada saat jatuh tempo, nasabah bisa mengajukan perpanjangan masa gadai.

Cara memperpanjang masa gadai di pegadaian dengan membayar sewa modal atau mengangsur sebagian uang pinjaman. Selain itu, pelunasan bisa dilakukan sewaktu-waktu. Bagi yang ingin tahu, berikut ini contoh simulasinya.

Advertisements

Jika anda meminjam uang di pegadaian dengan jumlah Rp 10.000.000 pada 1 September 2016, dan tanggal pelunasannya pada 1 September 2017, maka anda harus melunasi biaya: Baca Denda Jatuh Tempo Pegadaian

  • Tarif Sewa Modal/ Total : 1.150% per 15 hari/ 9,2%
  • Periode Pinjaman : 366 hari per 120 hari

Dari keterangan tersebut, jumlah uang pinjaman Rp 10.000.000 + jumlah sewa modal Rp 920.000 = Rp 10.920.000. Untuk melakukan perpanjangan masa gadai di pegadaian yaitu dengan menjumlahkan biaya administrasi dengan sewa modal yang berarti : Rp 40.000 + Rp 920.000 = Rp 960.000.

Dengan begitu anda harus bisa membayar biaya tersebut agar bisa memperpanjang masa gadai barang jaminan anda dan agar barang anda tidak hangus sehingga tidak masuk dalam proses pelelangan barang untuk menutupi kewajiban yang tidak bisa anda bayarkan.

Jika anda ingin mengetahui besarnya biaya perpanjangan di pegadaian dengan jumlah nominal yang berbeda dari jumlah di atas, anda bisa menghitung dengan melakukan simulasi yang bisa dilakukan di website resmi pegadaian.

Anda bisa menghitung sendiri simulasi pelunasan barang gadai anda dan berapa jumlah yang harus anda keluarkan agar anda bisa memperpanjang masa gadainya tersebut. Baca Batas Jatuh Tempo Pegadaian

Jadi anda tidak harus bingung jika masa gadai anda sudah masuk jatuh tempo. Itulah sedikit informasi mengenai cara memperpanjang masa gadai di pegadaian dengan mudah, dan semoga bisa menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menggadaikan barang berharga di pegadaian.

Advertisements