4 Cara Berinvestasi Yang Halal Ala Syariah

Berinvestasi Yang Halal Ala Syariah – Dalam setiap sendi kehidupan, Anda pasti ingin memperoleh keuntungan. Anda bekerja untuk memperoleh upah dari tenaga dan pikiran yang Anda keluarkan. Anda pun memperoleh keuntungan dari barang yang Anda jual.

Ada pula beberapa hal yang dapat Anda jadikan investasi. Namun sesungguhnya bagaimana cara berinvestasi yang halal? Bagi kaum muslim, Anda pasti sangat memperhatikan halal dan haramnya hal yang berkaitan dengan diri Anda.

Tak hanya mengenai makanan, namun juga mengenai bagaimana cara Anda memperoleh keuntungan dalam menyambung hidup, entah itu dari bekerja ataupun dari berdagang.

Advertisements

Nah, jika Anda ingin mengetahui beberapa tips investasi yang akan sangat menguntungkan namun tetap halal berikut ini beberapa ulasannya.

Investasi Halal bagi Kaum Muslimin

Melakukan investasi bagaikan menyediakan payung sebelum hujan. Investasi bisa menjadi simpanan yang akan mendatangkan keuntungan. Baca Kenapa Tabungan Emas Pegadaian Rugi

Eits, namun Anda harus tetap berhati-hati. Salah-salah, Anda justru bisa terjerat dalam riba. Lalu, apa saja investasi yang patut Anda coba tanpa takut riba?

  1. Reksadana berbasis syariah

Seperti yang sudah Anda ketahui, reksadana merupakan salah satu produk investasi yang menjadi tempat untuk mengumpylkan dana.

Kemudian dana yang ada akan dijadikan sebagai portofolio investasi. Investasi ini akan masuk ke dalam modal suatu perusahaan.

Sifatnya pun sangat transparan sehingga Anda dapat mengontrol dan melihat perputaran uang yang Anda investasikan.

Advertisements
  1. Deposito bagi hasil

Deposito pun merupakan salah satu produk perbankan yang dapat Anda gunakan jika ingin melakukan investasi yang halal. Baca Trik Menabung Emas Untuk Beli Rumah

Deposito memungkinkan nasabahnya untuk menabung dengan jumlah yang sudah ditentukan dari pihak bank. Tabungan ini dapat diambil ketika sudah mencapai waktu tertentu.

Contohnya, sebuah deposito senilai Rp. 50.000.000 yang dapat diambil setelah jangka waktu 10 tahun. Bank syariah sendiri akan menggunakan dana ini untuk perputaran yang tentunya halal dan menguntungkan. Pembagian hasil pun kemudian akan dilakukan dengan kesepatakan bersama.

  1. Investasi berupa tanah

Tanah merupakan salah satu produk investasi yang populer sejak dahulu. Hal ini pun menjadi salah satu cara berinvestasi yang halal dan menjanjikan.

Seperti yang sudah Anda ketahui, nilai tanah akan terus naik seiring berjalannya waktu, terutama dengan kondisi saat ini di mana Anda akan membutuhkan lahan yang cukup untuk tempat tinggal.

  1. Investasi emas

Selain tanah, investasi berupa emas pun menjadi pilihan yang dapat Anda gunakan jika ingin memperoleh produk investasi yang halal.

Dalam hal ini, nilai emas akan meningkat setiap tahunnya. Peningkatan harga emas pun cukup tinggi, yaitu mulai 10% – 15%. Baca Hukum Tabungan Emas Pegadaian

Anda bisa menjualnya dalam waktu lima tahun setelah Anda membelinya sehingga mendapatkan keuntungan yang baik. Emas pun telah menjadi salah satu cara berinvestasi yang halal yang populer di kalangan masyarakat muslim.

Advertisements